Berita

AMSI Bali Bentuk Cek Fakta Perangi Hoaks di Pulau Dewata

Minggu, 07 Maret 2021 - 15:28
AMSI Bali Bentuk Cek Fakta Perangi Hoaks di Pulau Dewata Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI). (FOTO: dok. AMSI)

TIMES NIAS, DENPASAR – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) akan segera membentuk tim Cek Fakta, untuk memerangi infomasi hoaks yang beredar di masyarakat. Langkah ini pun menjadi upaya AMSI Bali untuk membentengi masyarakat Pulau Dewata dari paparan hoaks.

Ketua AMSI Bali, I Nengah Muliarta menyebutkan bahwa nantinya tim cek fakta akan dibentuk dari kalangan anggota, yang kemudian ditindaklanjuti oleh anggota AMSI dengan membentuk rubrik cek fakta.

"Tim cek fakta ini nantinya akan menjadi tugas tambahan bagi media yang tergabung di AMSI Bali untuk memberikan informasi fakta atau yang benar," kata Muliarta saat Konferensi Wilayah II di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfo) Provinsi Bali, Minggu (7/3/2021).

Muliarta menambahkan upaya ini juga sebagai upaya AMSI Bali untuk mengedukasi masyarakat. Ia berharap hal ini akan menambah literasi media masyarakat.

"Selain secara bertemu langsung dengan sosialisasi, tapi dengan cek fakta kita bentuk semacam tanggungjawab sosial kita kepada masyarakat," jelas Muliarta.

Cegah Hoaks dan Hate Speech

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut meminta agar AMSI Bali menjadi pelopor dalam mengelola informasi serta mengelola ekosistemnya sehat, terutama dalam pencegahan terhadap hoaks dan hate speech. 

Karena, saat ini dunia digital telah banyak memiliki informasi hoaks atau sampah digital. Kalau sampahnya terlalu banyak, sedangkan tukang sapunya sedikit, lama-lama sampah itu bisa didaur ulang. Ia menyebutkan bahwa informasi sampai itu juga bisa menjadi komoditi.

"Bayangkan kalau sampah yang didaur ulang laku dijual, celaka bangsa ini," kata dia saat hadir dalam Konferesi Wilayah II AMSI Bali melalui virtual.

Karena itu, menurut Wenseslaus, anggota AMSI mempunya kewajiban untuk menyampi berbagai sampah yang ada di dunia maya tersebut. Pihaknya mendorong agar setiap anggota AMSI menghadirkan fitur cek fakta dalam perusahaan.

Dukungan Pemerintah Provinsi Bali 

Sementara itu, Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik Diskominfos Provinsi Bali, Ida Bagus Ketur Agung Ludra berharap, anggota AMSI Bali memiliki komitmen untuk lebih peka dan responsif menjawab tantangan yang ada.

Salah satunya dengan melakukan
tindakan yang cepat, tepat dan akurat dalam membantu masyarakat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali berkaitan dengan informasi pembangunan, bencana alam, masalah sosial lainnya hingga pencegahan hoaks.

"Semua itu bisa dilakukan tanpa meninggalkan kode etik jurnalistik maupun fungsi media yang sesungguhnya yakni informatif, edukasi dan hiburan," katanya.

Pemerintah Provinsi Bali juga berharap AMSI Bali menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam mencerdaskan masyarakat, termasuk dengan pembentukan Cek Fakta AMSI Bali. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Nias just now

Welcome to TIMES Nias

TIMES Nias is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.