Gaya Hidup

Rawon Sup Terenak se-Asia Versi Taste Atlas

Minggu, 07 Maret 2021 - 04:22
Rawon Sup Terenak se-Asia Versi Taste Atlas Kuliner khas Nusantara, Rawon dinobatkan menjadi sup terenak se-Asia pada tahun 2020 oleh TasteAtlas. (foto: Taste Atlas)

TIMES NIAS, JAKARTA – Kuliner khas Nusantara, Rawon dinobatkan menjadi sup terenak se-Asia pada tahun 2020 oleh TasteAtlas. Masakan Rawon khas Jawa Timur ini masuk urutan pertama.

Menurut keterangan, dari Taste Atlas, Rawon merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Sup beraroma ini biasanya dibuat dengan daging sapi yang direbus perlahan dan bahan tradisional Indonesia lainnya seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai. Kuncinya makanan ini ada pada buah kluwek, kacang hitam Indonesia.

Bumbu khas Indonesia ini diolah dengan berbagai bahan dan rempah-rempah lain, memberikan hidangan rasa asam dan bersahaja serta warna hitam gelap yang unik. Asal muasal hidangan tersebut diyakini dari kota Surabaya, ibu kota Jawa Timur.

(Minta Tolong Screenshotkan dan Ini) https://www.instagram.com/p/CLbJrGTrcQV/

Awalnya, Rawon merupakan hidangan masyarakat desa yang menjadi makanan favorit di kalangan bangsawan dan dengan cepat tumbuh dalam popularitas. Sekarang makanan ini dapat dengan mudah ditemukan di menu-menu di banyak restoran tradisional Indonesia. Biasanya disajikan bersama nasi putih, telur asin, tauge, dan sambalyang pedas.

Selain Rawon, pada urutan ketiga, terdapat makanan khas nusantara Gulai Cincang, yang merupakan sup dari Sumatera Barat. Ada juga asem khas Indonesia menempati posisi ke-12, sebagai se-Asia pada tahun 2020.

Sebagai informasi, TasteAtlas merupakan situs yang membahas kuliner di seluruh dunia. Dalam surveinya, TasteAtlas melibatkan kritikus restoran profesional dan 63.402 panelis.(*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Nias just now

Welcome to TIMES Nias

TIMES Nias is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.